March 29, 2009

Crita - Bagian II

"Siapa?" Mulut-mulut brahmana.

"Aku Srikandi. Putri Prabu Drupada dan Dewi Gandawati."
Tegak ia berdiri.
Angin di sekitarnya berhenti.
Menanti ia berkata lagi.

"Apa maksudmu?" Brahmana.

"Cukup aku dan para dewa yang mengerti. Tak perlu kalian tahu."

"Tetapi ini Arjuna. Kami berhak tahu. Dan siapa kamu, mengaku nomor satu?"

Pada brahmana para dewa berkisah lagi,
"Srikandi seorang senapati dalam Pandawa.
Sesungguhnya mungkin ia seorang yang satria pula, hanya ia tak menyadari.
Dalam Mahabharata Bumi Manusia dikisahkan,
Arjuna telah lama mengenalnya.
Diajarkannya pada Srikandi ilmu panah dan yang lain yang dikuasainya.
Arjuna telah memberi banyak tanpa menyadarinya."

"Tapi itu tidak berarti ia lebih pantas daripada para dewi."
Pikat dewi luar biasa.
Ataukah itu hasrat, yang tercermin di mata mereka?

Bijaksana.
Para dewa terdiam sejenak lalu bicara.
"Hanya satu yang ingin kami tahu."

Debar jantung Srikandi serupa derik gerinda.
Apa ia siap dipermalukan, di hadapan para brahmana?
Namun kegundahan tak ditunjukkannya.

"Yakinkah yang ada di hatimu, ataukah semata nafsu ingin menantang dunia?"

Barisan krisan menanti jawaban.
Lebah madu menunggu.

Dan Srikandi bersemu laksana buah surga yang memikat hati Adam.

"Selama ini aku mencari dan menanti.
Dari setiap yang datang dan pergi.
Belum pernah aku menemukan lagi.

Mungkin menurutmu aku tidak sebanding dengan para dewi.
Tetapi tidak apa yang ada di dalam hati.
Hanya kesungguhan yang ada disini."

"Dan belum pernah niatku sekuat ini."

Para dewa bangga.

Brahmana diam, meskipun wajah mereka tidak bahagia.
Angin memperoleh kembali kekuatannya.
Lebah madu dan barisan krisan terbuai menatap awan.

Srikandi tersenyum.
Dan sungguh belum pernah ia tersenyum seperti itu.

3 comments:

  1. Anonymous3:55 PM

    hmm..knapa baik blog lo maupun gw menggunakan srikandi.. haha

    ReplyDelete
  2. srikandi amat tangguh
    :D

    xoxoxo
    _DQ-

    ReplyDelete
  3. saya udah baca dari awal sampai akhir.. gw salut sama lu.. gw juga fans bangat sama eminem..

    ReplyDelete