October 15, 2004

i've got things to say...

haluuu semua!! pakabar ni? udah mulai puasa nih, gw mau minta maaf lahir dan batin ya ke temen2 smua, mengingat dosa2 gw yg segedubrek itu.. smoga kita diberi rahmat yg berlimpah di bulan penuh hikmah ini, smoga puasanya lancar dan diterima Allah SWT... amin.

hmm kliatannya awal2 puasa udah banyak kegiatan nih! asik2, itung2 ngabis2in waktu biar gak kerasa lapernya, hehehe.. eh bikin buka puasa bareng yuk? yang banyaaaak hehehe kan seru! x-e kurusetra bikin bukpus yuk? syapa yg mau ngurusin ayo? skolah lucu deh, mereka bikin peraturan kalo mau bikin acara buka puasa bareng "dihimbau" agar dibikin di sekolah, lhoo.. apa serunya coba? yg asik tuh kalo di rumah orang, dateng dari sore, ngobrol2 nonton2 trus buka bareng, nongkrong di rumahnya teruuus ampe malem! hehe.. skalian nginep jg bole..
eh ada yg mau ngasih ide tempat makan yg enak dan harga terjangkau? buat tempat buka nii biar seru g bosen makan di ruma terus.

btw, gw lg agak sedih neh. mau curhat bole ya? yaa seperti yg beberapa dr kalian tau, gw kan ikut program AFS. bagi yg gak tau, yaaa pertukaran pelajar gt de. pokoknya jadi duta negara buat dikirim ke luar negeri, tinggal di sana skolah di sana selama setaun, trus balik lagi... setaun man! pertama kali gw tau program ini kelas 1/2 (bukan setengah tapi 1 atau 2) smp, dari kakak gw yang alumni 8 jg.. angk. 2003... dia juga ikut daftar program ini..

jadi, penyeleksian untuk program AFS ini terdiri dari 3 tahap.
pertama, tes akademis. pengetahuan umumnya lumayan banyak yg gw gak yakin tp b.ingnya bisa lah alhamdulillah. gw pasrah aja, doa. dan ternyata gw lulus, alhamdulillah..

kedua, wawancara. tes kepribadian gt, 2x wawancara yg pertama sama psikolog, yg kedua wawancara bwt ngetes bhs inggris lg. gw gak bisa menilai bagus/jeleknya wawancara gw, tapi kalo yg b.ing gw rasa cukup bagus lah, gw bisa ngomong dgn asik, and i kinda enjoyed the interview. sekali lagi, pasrah dan doa, tp gw lumayan ngarep lulus krn gw ngerasa g terlalu jelek. and i was right. gw lulus ke tahap ketiga.

ketiga, tes sosialisasi, kerja kelompok.. jd ceritanya orang2 yg ikut tahap 3 dibagi ke beberapa kelompok, terus masuk ke satu ruangan, dikasih beberapa bahan trus kita sekelompok disuruh bikin benda kreatif make bahan2 yg dikasi. ya gt deh. *males ceritanya kepanjangan hehe*

truuuss.... penantian. katanya k' daeng (orang yg ngurus2 gt de, kayaknya si aktivis Bina Antar Budaya-badan yg ngurusin AFS- gw ga terlalu yakin jg) surat yg isinya lulus/nggaknya kita dari Bina Antar Budaya itu bakal dateng kira2 2 minggu setelah tes tahap 3. kutunggu.. kunanti... kuraba2 kotak pos... kudatangi rumah tukang pos.. kuteror kantor pos... MANA?!??! kaga nyampe2 tu surat! akhirnya setelah lama nunggu tu surat nyampe jg ke beberapa orang temen gw.. banyak de,, yg dapet awal2 itu trnyata lulus, kayak PJ, Niken, Amien, dll dll. dan masih banyaaak yg belom dapet surat. gw udah pasrah sih, tp jelaslah masih ngarep..

dan akhirnya tu surat dateng. dr bbrp hari sblmny bbrp temen gw udah ada yg dapet surat ketidaklulusan, dan mereka ngasi tau suratnya tu surat pos biasa, bukan kiriman TiKi. dan hari itu, pagi2, tu surat ngegeletak di meja makan gw. bukan kiriman TiKi. deg2an si iya tapi udah siap.. ternyata... gw gak lulus. tapi gw udah siap dgn sgala kemungkinan, udah mikir apapun yg terjadi sama gw adalah yg terbaik. gw juga mikir dengan tinggal di indonesia gw bisa tetep skolah dengan waktu normal (mxdnya ga jd telat setaun lulusnya), trus ga usah kenalan ulang ma anak2 2007, dan disini ada orang2 yg gw sayang. especially him. dan gw percaya, ngerasa enteng, karna gw berusaha ngeyakinin diri bahwa: God would give me the best way of life. dan gw sedih si iya tp biasa aja... gw emang gak mau terobsesi, gak mau nangis2 gara2 gak lulus, dan gw berhasil ngerasa biasa2 aja.

sampe kemaren. kemaren (kamis 14/10) gw diajakin laras dateng ke Talkshow Kehidupan Siswa Berprestasi dengan Tema: Sosialisasi Olimpiade Sains Nasional di SMA 70. mantep yak? topiknya berat bet, hehe. karna kata laras acaranya jam 12, gw brangkat dr ruma jam 11 naik kendaraan umum. nyampe jam 12.40, trus ketemu pj dan dia bilang acaranya baru mulai jam 1. baguuus... well akhirnya jalan2 aja ma pj n mutiara axel. ngobrol2.. mereka ngomongin AFS, katanya pj mau ke swiss, karna mau ngliat salju, skiing, dsb dsb. trus mereka ngediskusiin kehidupan mendatang lah. trus ngedengerin omongan mereka ttg AFS, gw jadi sedih. entah kenapa, gw jadi sediiiiih banget.

belom lagi email2 cerita dari kak didi/dita 2005. kan gw email dia, yg Sekretaris II PO 39, pendahulu gw... dia lagi AFS di Ohio, dan email2 dia buat temen2nya tu dikirim ke gw juga.. dan gw baca betapa asik, seru, dan bahagianya dia tinggal di sana sebagai duta indonesia, interaksi sama anak2 bangsa lain, hidup sama orang Amerika, jalan2, dll dll. for heaven's sake! tinggal di amerika! itu impian gw banget!!!

gw inget banget, gw tuh jd mantep masuk SMA 8 (bukan al-izhar lagi) karna dulu gw pikir AFS itu buat anak2 8 doang. yeah call me stupid. dan karna AFS lah gw jadi masuk tu asylum. gw pengeeeeeeeeeen banget ikut AFS. gw pengeeeeeeen banget tinggal di luar selama setaun, skola di luar, temen2 dr berbagai bangsa, hidup di luar negeri, gw pengeeeeeeeeeeeen banget. itu udah jadi mimpi gw! damn! seru banget bisa ikut program kayak gt! gw semangaaaaaat banget dulu waktu ada kakak2 kelas yg ikut AFS, promosiin AFS ke kelas gw. waktu ditanya syapa yg mau ikut, dengan 100% yakin gw angkat tangan. karna gw emang pengeeeeeeen banget ikut! gw semangaaaat banget ikut seleksinya, dan gw udah bahagia banget bisa lulus ke tahap 3, walaupun gw udah siap2 karna dulu nyokap gw uda dinyatakan siap berangkat, tapi di detik2 trakhir gak jadi karna hostfam disana kurang. shoot, that hurts.

gw berusaha ngebalikin keyakinan gw dulu, bahwa apapun yang dikasih Allah ke gw itu adalah yang terbaik. Terbaik. Terbaik. Terbaik. gw udah ngedoktrin diri gw sendiri, dan gw udah yakin, gak sedih, sampe gw ngeliat semangat n senengnya anak2 yg lulus AFS, kyk pj, muti, niken, dkk. anak2 PO XL pun udah ada 4 org yg gw tau lulus: Pj, Niken, Amien, Pamung. sumpah gw pengeeeeen banget kayak mereka. tapi gw gak mau nangis. karna gw pikir nangis cuma bikin diri gw makin sedih aja, dan bikin terasa makin berat. nangis bukan untuk ngilangin sedih saat ini. beberapa orang bilang mereka kaget dan heran waktu gw bilang gw gak lulus AFS. mereka bilang 'kok bisa?' 'masa lo gak lulus sih?' dan lain2 lah, kata2 penghibur,, entah mereka cuma niat ngehibur, atau bener2 mikir gt, gak tau. yg pasti gw udah g lulus, dan pertahanan perasaan gw buat gak sedih ancur setelah ngeliat langsung orang2 yg pd semangat itu.

gw jd ngerasain yg namanya ga berhasil meraih impian. ikut AFS tu bener2 impian gw... call me pathetic, tapi gw pengen banget (entah udah berapa kali gw bilang). well emang ada rotary sih, tapi kata nyokap gw program Rotary itu bayar penuh, ribuan dollar, dan kayaknya gw gak bakal ikut kalo semahal itu.
So, udah gak ada harapan. hadapi kenyataan bahwa keinginan gw yg udah sejak 3 taun lalu ternyata g kesampean, mungkin skarang liat sisi positifnya, jalani hidup aja. oke, sekarang waktunya berjuang buat impian gw yang kedua, jadi dokter. semoga bisa kesampean. kalo nggak, nggak ngerti deh gw.

Damn! it hurts,,

1 comment:

  1. wOw. . .u make me afraid 2 jOin AFS selection test! hehe^^

    ReplyDelete