July 11, 2007

Biar Dunia Semakin Berwarna

Baru-baru ini saya merasakan langsung yang namanya diskriminasi dan ‘pengecapan’ terhadap satu komunitas. Kalau biasanya saya hanya mendengar atau menyaksikan diskriminasi, kali ini saya mengalami sendiri ‘pengecapan’ itu.


Soul For Indonesian Earth

Ceritanya begini. Sabtu lalu, tanggal 7 bulan 7 tahun 2007, saya, kakak, dan beberapa teman datang ke acara Soul For Indonesian Earth (SoulFIE) yang diadakan di Senayan. Disana, ada sekitar 50-an grup musik dan penyanyi yang tampil untuk sekalian kampanye tentang pencegahan pemanasan global (Salut banget! Kampanye ini saya dukung banget!). Dari sekian banyak artis (Maliq, Glenn, The Adams, Project Pop, Naif, Gita Gutawa, Tompi, Marcell, Cokelat, Ras Muhammad, dan masih banyak lagi. Tiket cuma Rp25.000,00. Yang ngga dateng, rugi banget. :D), yang paling saya tunggu-tunggu adalah penampilan band yang terkenal akan kostum berwarna-warni mencrang (=terang) dan a la jaman dulu, The Upstairs.

Saya bilang pada teman-teman, saya datang untuk The Upstairs. Hadir untuk berdansa bersama mereka. Beberapa teman saya tertawa, mungkin mengira saya bercanda. Atau mungkin belum percaya. :) Satu teman lagi bahkan melongo tak percaya. Mempertanyakan keseriusan saya. Dan berkali-kali menanyakan ulang, “Lo serius suka The Upstairs?”

Awalnya saya ketawa aja. Menertawakan ketidakpercayaan mereka. Setelah saya ditanya hal yang sama beberapa kali, saya mulai kesal. Memang kenapa sih?


“Untuk dinikmati kaum rendahan”

Dari pertanyaan-pertanyaan dan mimik wajah teman yang saya lihat inilah saya semakin yakin, bahwa The Upstairs adalah salah satu band yang mendapat cap negatif dari masyarakat umum yang bukan penggemar mereka. Kesan yang saya dapat dari teman saya, The Upstairs itu band untuk kaum rendahan yang penggemarnya otomatis kaum rendahan juga. Komunitas penggemar The Upstairs itu vandalis. Suka mengacau. Dipermanenkan seperti itu.

Akibatnya, orang dari kalangan berbeda seakan ‘dilarang’ menyukai The Upstairs. Musik mereka ngga ‘berkelas’. Musik yang ditahan petugas ketika hendak melewati sensor pintu pergaulan kelas menengah. Sampai dibuat ruang khusus untuk mengisolasi pendengarnya yang bukan dari kelas sosial tertentu. Begitu parahnya diskriminasi sosial yang terjadi di masyarakat urban saat ini, sampai musik pun dibuatkan kelas berdasarkan pendengarnya.

Padahal, kan ngga semua penggemar The Upstairs kayak yang saya sebut di atas. Ngga semua vandalis. Bahkan, kebanyakan hanya ingin berdansa. Contohnya di acara kemaren (SoulFIE), Modern Darling yang datang ngga ada yang bikin rusuh kok... Sayangnya cap 'pengacau' itu udah dibubuhkan kepada para Mod oleh beberapa kalangan yang menilai berdasarkan satu kejadian aja...

Padahal (lagi), selera musik kan selera pribadi. Apresiasi terhadap musik ngga bisa dikekang. Pilihan orang terhadap musik yang didengarnya ngga boleh dibatasi. Mengutip pendapat teman saya tentang film yang awalnya tidak saya setujui: “Boleh aja lo menilai sebuah karya itu bagus/nggak. Karena ada kriterianya.” Misalnya, lagu “ABCDEFG” itu jelek, karena harmonisasi gitar dengan vokal yang ngga pas. Karena lirik yang ngga cocok sama aransemennya. Sekali lagi, dengan alasan dan kriteria yang jelas. Itu soal penilaian kualitas. Bukan soal selera.

Dan menilai secara objektif sebuah karya berbeda dengan menilai selera orang lain. Itu pandangan subjektif. Menilai selera si A jelek, selera si D rendah. Ngga ada selera yang jelek, yang ada itu perbedaan selera. Ya, kayak perbedaan pandangan pada umumnya. Iya nggak, sih? Kalau menurut saya sih iya.


Biar dunia semakin berwarna…

Pengecapan dan pencitraan jelek ini ngga cuma dilakukan orang banyak terhadap The Upstairs sih, masih banyak yang lain. Contoh yang lain? Musik dangdut. Musik ini dari jaman saya SD (bahkan sebelumnya) udah dicap untuk kalangan rendah, sampe banyak teman saya yang jadi antidangdut karena pengecapan ini, dan punya kesamaan dalam mengisi biodata atau ‘lembar persahabatan dan kesan-pesan’ yang sering beredar di jaman SD dulu. Ada kolom seperti ini:

Musik favorit: Semua kecuali dangdut.
Atau

Musik yang disukai: Spice Girls (jaman saya SD banget)
Musik yang tidak disukai: Dangdut (kadang dibubuhi tambahan ‘dan keroncong’)

Tragis? Ngga juga sih, lucu aja. Soalnya jaman SD dulu itu saya hampir ngga pernah denger musik dangdut. Kata teman-teman, musik dangdut itu norak. Tapi waktu saya tanya teman-teman pengisi biodata ini, keadaan mereka juga mirip-mirip dengan saya, ngga pernah dengar lagu dangdut. Mungkin ada yang pernah dengar dangdut, tapi baru satu-dua lagu. Alasan mereka menulis dangdut di kolom ‘yang tidak disukai’? Karena dangdut itu musik kesukaan asisten rumah tangga mereka. Hahaha… Jaman SD yang polos dan menyenangkan.

Memang sih, menghakimi selera orang itu yang paling enak. Secara ngga sadar, saya juga masih suka melakukannya. Seperti kalo nonton acara mode di saluran E!, kadang saya suka berkomentar, “Ih, kok baju kayak gitu dipake sih.” Padahal atasan sama bawahan cocok-cocok aja, saya cuma ngga suka sama gaya berpakaiannya. Dan setelah itu saya pun memarahi diri sendiri. Wong orang itu suka kok make baju kayak gitu. Biarin aja lah. Biar dunia semakin berwarna.


Malam itu banyak sekali Modern Darling (sebutan untuk komunitas penggemar The Upstairs—yang 'berdansa resah' mengikuti musik dan seringkali berpakaian seperti idolanya) yang datang ke acara tersebut. Jangan tanya tentang pakaian yang mereka pakai. Direncanakan matang-matang dari atas sampai bawah. Saya bahagia.

Ya, saya penggemar The Upstairs.


Saya menikmati music new wave mereka. Saya ikut bernanyi bersama Jimi, memejamkan mata menikmati gebukan drum Beni. Mencoba mendalami makna lirik yang mereka tulis. Bergoyang mendengar hentakan disko yang mereka alunkan.

Dan saya bangga dengan musik pilihan saya.

17 comments:

  1. well audrey, gw juga gak masuk kok ama musiknya the upstairs, tapi for sure, gak pernah gw mandang rendah musik mereka ato fans2 mereka..

    kalo gak salah, perjuangan mereka bisa ampe skrg ini kan berat banget..
    huhu..

    kasusnya kan sama aja ama emo.. haha, orang2 sok2 teriak2 anti emo, jelek2in fans2 yang make atribut ala emo dan berambut poni lempar..
    gw juga gak suka emo, tapi gak peduli, toh band2 kayak getu ada karena ada yang dengerin juga..

    pengkotak2an juga kadang kan dibuat ama industri musik sendiri.. CMIIW

    lagian kalo musik cuma satu aliran aja, kan apa serunya..
    dan seperti kata loe, bangga ama pilihan musik sendiri, ngapain kita sok2an dengerin musik yang dianggap banyak kalangan sebagai musik kalangan atas, tapi gak masuk di telinga kita.. demi gengsi jadi ngorbanin telinga, lucu..

    nice article audrey as usual.. hehe..


    NB: gw udah daptar noh wiki indo, cuma kok ribet banget yah kayaknya panel2nya, jadi pusing.. haha..

    ReplyDelete
  2. Anonymous10:58 AM

    Ini mah udah biasa. Senang sama lagu daerah dianggap kampungan, senang dangdut dan keroncong juga.

    Saya sendiri nggak gitu suka dangdut dan keroncong sih, tapi masih mau ngedengerin (misalnya soundtrek Mendadak Dangdut, hehe).

    ReplyDelete
  3. Anonymous4:24 PM

    mm.. sperti kata yuki, musik2 the upstairs juga ga masuk ama kuping gw, ntah knapa. gitu juga ama musik emo. (btw, emo itu macamnya the muse dan my chemical romance bukan? o.O) jujur sih, ada beberapa lagu the muse dan MCR yg gw suka, tp gw ga suka ama gaya dandan mereka. no offece at all lho. :)
    tp saia ga perna bilang klo musik2 itu hanya untuk kalangan rendah. gw sih biasa aja. orang suka suatu musik, itu hak mereka. selama mereka ga mengganggu gw dengan kesukaan mereka itu. =)

    gw sndiri suka ama j-music. lagu2 jepang gitu. gak tau knapa. mungkin pengaruh gara2 gw suka nonton anime. lol tp keq nya musik2 gitu ga terlalu dipandang juga. huhuu

    ngomong2, saia suka lho dengerin lagu nya titi kamal yg jablai.
    *ngakaq* lagunya nempel banget dikepala soalnya. :p

    ReplyDelete
  4. Anonymous8:45 PM

    wah.. nyindir gw yah? hehehe

    abis di profile blog gw, gw nulis All music except dangdut...

    tapi kalo keroncong mah gw suka....

    ReplyDelete
  5. Iyah, emang skg yg namanya diskriminasi tuw udah merambah ke mana2, ga lagi cuman soal ras tapi udah sampe ke seni.

    Gw sendiri juga sering digituin. Tiap kali di gambar-gambar yang gw bikin ada wayang, Barong, ato Rangda--pokoknya yang berkaitan dgn kesenian Indonesia--, pasti temen2 gw pd heboh, "ih Sey, lo ngapain gambar2 wayang? kampung ah!", "loh, kok ada Barong-nya sih, Sey? ilfil deh..", de el el. Semuanya krn anggapan kl wayang, tari Barong, keroncong, dan mayoritas kesenian Indonesia tuh hiburan buat kaum rendahan.

    Lucu ya, knp org2 byk yg punya one track mind kaya gt, suka membagi2 stereotype uptown dan downtown. *shrugs*

    ReplyDelete
  6. @ Yuki:
    Dulu banget, gw pernah ngikut2 temen gw dengerin musik hardcore kayak Korn dan Slipknot. Dan gw ngaku2 suka. Padahal... Gw ngga menikmati. Ga bisa suka. Ngga lagi2 deh.

    "ngapain kita sok2an dengerin musik yang dianggap banyak kalangan sebagai musik kalangan atas, tapi gak masuk di telinga kita.. demi gengsi jadi ngorbanin telinga, lucu.." >> setuju!

    @edwards:

    Iya sih udah biasa dan udah lama terjadi, tapi karena gw baru mengalami langsung, gw baru bener2 merhatiin. :)

    @fei:
    Waktu SMP sampe awal SMA gw jg sempet doyan lagu2 Jepang.. Tapi lama2 ngga suka lagi, mgkn bosen? Ngga tau ya, trus setelah itu jadi suka bermacam2 musik kayak Eminem, Muse, Queen, Panic! at the Disco, jadi beragam banget, dan gw ngga bisa menyatakan suka sama aliran tertentu karena yg gw suka itu musik tiap musisi, bukan alirannya. Gitu deh, ngerti ngga? x)

    Oh gw jg kurang ngerti siapa2 aja yg masuk golongan Emo.. Karena gw ngga mendalami tiap aliran, hehe...

    @cyclers:
    Argooo... No offense!!
    Gw ngga bermaksud nyindir elo lhooo... :p
    Yaah kalo emang ngga suka gpp kok.. Asal jgn bikin cap aja.. Heheh..

    @seyren:
    Waah... Gw ngga setuju banget sama temen2 lo.. Justru gambar2 lo itu unik banget! Dan melestarikan kesenian tradisional juga.. Saya mendukungmu! :9

    ReplyDelete
  7. Anonymous1:52 AM

    nie? menyindirku kah? hehehe!

    aku gak ngecap fans-nya the upstairs itu rendahan...
    aku suka kok lagu2 mreka... suka juga nonton mreka live...

    cuman, udh pengalaman aja klo nonton the upstairs pasti kaki keinjek-injek... kalo aku pergi sama temen doang sih gak masalah, tapi gak lagi2 deh ngebawa adekku ke tempat upstairs manggung...
    adanya selama mreka maen aku gak seneng, malah sibuk mikirin adekku takut keinjek2 orang...
    dan pas Soul for Indonesian Earth itu, jelas adekku pengen ikut nonton... kalo aku nonton dan adekku gak ikut, aku kasian aja ama dya...
    hehehe...

    p.s. adekku juga penggemar the upstairs kok... she owns their cds and merchandise...

    ReplyDelete
  8. lucu ngebaca postnya si seyren.. heheh..

    si alienkeren juga, gw gak pernah sih nonton konser band Indo, sama skali gak ada bayangan dah..

    ReplyDelete
  9. Anonymous12:46 AM

    Asik juga postingnya, tapi waktu baca "Musik favorit: Semua kecuali dangdut" mendadak kuping kok jadi panas...(Dangdut is the music of my cuntry...!)

    ReplyDelete
  10. Dangkal bgt buat orang yg suka mengkotak-kotakan musik, musik itukan bhs universal..

    gue kagum sama the upstair (walo gue cuma tau 1 lagunya gara2 adek gue)
    mereka berani tampil beda, dan bikin warna baru.

    dan sama seperti lagu-lagu lainnya..gak semua lagu dangdut itu gak enak di denger...dan gak semua lagu-lagu diluar dangdut enak dikonsumsi telinga. semua punya selera masing2.

    salam kenal!

    ReplyDelete
  11. hahahaha coba liat deh "kangen band" yang from nothing tiba-tiba bisa masuk chart ampuh mtv (nomor 2 lagi).. heran, orang indo kalo ga suka ko maen sirik2 dan iri2an..

    the upstairs juga. music itu khan universal, terserah orang dong kalo mau bermusic, kalo ga suka ya udah ga usah ngejelek2in atow bikin group anti2 segala.. bisanya nganggap remeh aja, coba usaha sendiri, belon tentu bisa.. payah

    ReplyDelete
  12. postingannya, bagus banget, saya hanya terbegong2 membacanya

    ReplyDelete
  13. wow...emang tu, saya sebagai penggemar lagu dangdut dan india merasa sebel kalo selera saya dihina dina. masalahnya, saya juga nggak suka2 amat sama musik jazz, tapi saya nggak pernah menghina orang yang suka musik jazz tuh. atau misalnya, saya sama sekali ngak mendukung perfilman nasional, tapi saya nggak pernah protes sama orang2 yang suka nonton film indonesia, di bioskop lagi. itu kan masalah selera, siapa suka silahkan, yang nggak suka diam aja dengan ketidaksukaannya. tul nggak?!

    dan emang manusiawi banget kalo seorang manusia suka menjudge manusia lainnya. kalo dia nggak begitu, mungkin namanya elf atau hobbit atau apalah. manusia emang suka banget menjudge dan mendskriminasikan seseorang. yah...apapun, yang penting kita nggak jadi terpengaruh deh...

    ReplyDelete
  14. @alien:
    Ngga bermaksud menyindir lho, Alieen... :D
    Coba nikmati deh sekali2 kl ntn lgsg, coba aja ikt berdansa bersama MoDar yg lain..

    @Fiz:
    Yah, pasti bikin panas kuping penggemarnya, itulah yg terjadi..
    -_-

    @tatz:
    Setuju!! :)

    @Adite:
    Iya tuh Kangen Band jg, tp kl kt temen gw sih orang menilai mereka emang kurang dr segi kualitas (objektif). Tp entah yah, saya br denger sepotong dr slh satu lagu mereka.

    @nn:
    Makasih.. *terharu* x)

    @Muthe:
    Saya merasakan tuh hinaan terhadap musisi yang saya senangi... Contohnya Eminem dan The Upstairs. :'(

    ReplyDelete
  15. Anonymous1:16 AM

    There's no guilty pleasure in music!
    Because we don't have to feel guilty for liking the music we like!
    Hehe...

    I freely admit that I like Radja, Kucing Garong (amazing beat!), Cucak Rowo, SMS, Bang Toyib, Rhoma Irama, DJ Zero ("I said the k_____ sama lo semua..."), and every less agreeable music I happen to like.

    (But still I cannot tolerate Kangen Band, huahaha.)

    ReplyDelete
  16. waktu itu mangg gw ton jg acaranya..dan emang The Upstair msh kalah beken ketimbang nugie, coklat, dll.. gw jg tau The Upstair dr temen gw..
    gw ga bgt menyimak pebampilannya wkt itu.. tp scr pribadi semua musik itu indah.. tinggal dr mana kita bs melihat keindahan musik itu sendiri..
    waktu itu yg gw tunggu hanya coklat dan nugie.. dan untungnya coklat bs tampil di out door, jd gw bs nonton deket banget.. dan sempet salaman sama kikan.. gw seneng banget.. STOP GLOBAL WARMNIG..

    ReplyDelete
  17. Anonymous11:57 PM

    In my opinion, society tuh rese banget ya, ngebuat generalisasi generalisasi kayak, yang dengerin musiknya band A pasti kaum rendahan, yang dengerin genre B pasti high-classed.. Firstly, ini musik, gitu. If people draw conclusion about one's personality or lifestyle according to their favourite musicians, they need to be checked in into one-on-one session with Freud.
    Secondly, I absolutely detest pandangan yang bilang, we have to fit into what society expects us to do. Karena kita cewe dan anak kuliahan, Nie, orang pasti ngira kita suka Justin Timberlake ama Maroon 5. Dan kalo itu ternyata salah, pada cengo, "Lo suka musik yang aneh aneh gitu??". So, we're different. Big friggin deal.
    All in all, kesimpulan gw sih, like what you like, what society thinks doesn't matter. Orang kita ga ngerugiin siapa siapa kok. XD

    ReplyDelete